Bisnis Forex Untuk Pemula

Posted on Updated on

Bisnis FOREX

 

Jika anda seorang pemula yang ingin belajar tentang bisnis forex atau Valas, ada baiknya bagi anda untuk mulai mempelajari tentang trading forex dari hal yang paling mendasar! ada beberapa hal dasar yang harus di ketahui dan pelajari! hal ini pastinya akan sangat membantu anda, terutama bagi anda yang baru saja memulai!

Mempelajari hal dasar pastinya akan sangat sangat membosankan 😉 tapi percayalah gan, hal tersebut akan sangat sangat membantu anda nantinya! karena jika seorang trader tidak mengetahui tentang hal yang paling dasar dalam bisnis ini, ada kalanya anda akan mengalami kesulitan! dan kalau boleh jujur, saya pun pada awal juga merasa bahwa pelajaran dasar forex seperti istilah, manajemen, analisa, dan sebagainya adalah hal yang tidak penting! tapi ternyata saya salah besar, dan jujur saja, saya pun sempat mengalami kebingungan ketika dasar saya tidak baik! terutama jika trading menggunakan uang sungguhan! singkat kata mimpi buruk!

 

Dari kejadian tersebut, dan setelah saya mengalami kerugian yang cukup signifikan, saya mulai sadar bahwa hal dasar apa pun, entah itu forex, bisnis lain , pasti ada maksud dan tujuannya! dan setelah saya memahami dan mempelajari hal tersebut! hasilnya pun membaik, artinya saya bisa memahami bisnis forex dalam perspektif yang lebih luas! sebagai contoh, saya dulu hanya trading pair EUR/USD, dan saya pikir pair ini adalah yang paling bagus, dan bisa mendapatkan ribuan dolar! tapi saya salah besar tentang hal tersebut! karena pair pada akhirnya hanyalah sebuah pilihan, yang terdiri dari ratusan pair yang ada!

 

setelah paham, akhirnya saya coba trading forex pada mata uang lainnya, seperti EUR/JPY USD/CAD dan lain sebagainya! dan hasilnya pun bervariasi! tapi pesan moralnya adalah, seorang Trader forex! tidak harus fanatik dan trading hanya pair yang itu itu saja! karena hal tersebut pastinya tidak akan menguntungkan!

sebelum saya bicara tentang bisnis forex lebih jauh, ada beberapa hal dasar yang harus anda pahami dan pelajari, agar membantu investasi forex anda bisa berkembang lebih baik, terutama untuk jangka panjangnya!  berikut dibawah ini adalah beberapa hal dasar penting untuk dipelajari!

 

  • Hal yang pertama adalah, Istilah dalam Forex! hal ini penting, karena sebagian besar istilah forex menggunakan bahasa asing baik itu inggris atau pun bahasa asing lainnya! kalau kita tidak tahu akan istilah dasar, seperti hawkis, Dovish, Bullish, bearish, Leverage, Hedging dan sebagainya! pastinya kita akan kebingungan, dalam memahami bisnis forex, dan hal tersebut bisa menjadi penyebab kegagalan bisnis anda!
  • Hal yang kedua, Analisa FOREX! hal ini sangat penting, anda tidak bisa menghindari hal yang satu ini, setidaknya ketika anda masih pemula, anda harus tahu tentang analisa! pada dasarnya ada 3 analisa dalam FOREX, yang pertama adalah analisa teknis, analisa fundamental, dan Sentimen pasar! analisa teknis membaca pergerakan pasar secara visual dengan bantuan Chart atau pun grafik! sementara analisa fundamental, adalah memahami kekuatan ekonomi mata uang negara yang akan anda tradingkan! hal ini bisa memberikan gambaran dasar, mau kemana arah mata uang tersebut! sementara sentimen pasar adalah, kecenderungan Transaksi para trader forex! apakah mereka cenderung SHort UER/USD atau Long! hal ini bisa membantu anda, dalam mendapatkan profit! karena pastinya Trend adalah teman trader! Jika anda ingin belajar tentang analisa fundamental silakan cek Di sini
  • Manajemen Keuangan dan risiko! anda harus bisa menerapkan hal ini pada investasi forex anda! karena kalau tidak! bukan tidak mungkin uang anda akan hilang dalam waktu singkat! pada dasarnya penerapan manajemen keuangan dalam forex adalah! dengan tidak melakukan trading besar pada satu kali transaksi! karena hal ini bisa membuat anda mengalami kerugian yang cukup besar! sementara unuk risk management dalam forex adalah, anda harus menerapkan atau pun membuat manajemen risiko yang baik, agar ketika anda mengalami kerugian! tidak akan mempengaruhi sisi psikologis anda!
  • Trading Platform! hal ini penting! karena anda akn menggunakan MT4 setiap kali anda trading forex! jadi ada baiknya bagi anda untuk memhami dan hafal fitur fitur apa saja yang ada di MT4! luangkan waktu anda 1 atau 2 minggu, lakukan trading sesekali, agar anda terbiasa dengan jual beli forex!

 

saya rasa untuk hari ini 4 hal itu saja dulu, anda harus cari sumber lain! untuk belajar forex! seperti Blog, Forum atau mungkin siginal! hal ini akan membantu anda mempercepat memahami bisnis forex!

 

Artikel forex lainnya

Tinggalkan komentar